The Definition :

  • A Business Model describes the rationale of how an organization creates, delivers, and captures value (social, economic, etc).
  • A business model describes the value an organization offers to various customers and portrays the capabilities and partners required for creating, marketing, and delivering this value and relationship capital with the goal of generating profitable and sustainable revenue streams.
  • Business Model is the plan implemented by a company to generate revenue and make a profit from operations. The model includes the components and functions of the business, as well as the revenues it generates and the expenses it incurs.

Menurut saya, Business Model adalah cara sebuah perusahaan menciptakan value perusahaan itu sendiri sehingga bisa memberikan kepuasan pada konsumen yang berakhir dengan adanya revenue yang menghasilkan profit….

Contoh Business Model :

Pada gambar di atas, kita bisa melihat contoh dari sebuah business model.  Dari gambar di atas, bisa dilihat bahwa sebuah perusahaan harus memiliki ; core capability, partner network, dan value configuration untuk memenuhi permintaan customer dan membentuk ; customer segment, customer relationship, dan distribution channel.  Setelah kedua bagian tersebut digabungkan, maka akan terbentuk value proposition yang akan mempengaruhi keungan perusahaan, atau lebih jelasnya mendatangkan profit sehingga sebuah perusahaan bisa mencapai keberhasilan.

Intinya, sebuah perusahaan harus mampu membentuk value dari service atau barang yang dijualnya sehingga dapat memenuhi keinginan customer agar mendatangkan revenue yang berujung pada profit.  Perusahaan juga harus meminimalisasi cost sehingga dapat memaksimalkan profit yang didapat…

 

Untuk memperjelas, saya akan merujuk kepada bisnis model yang dilakukan oleh myspace..

 

 

MySpace adalah sebuah situs jejaring sosial yang berfokus kepada musik.  Didirikan oleh Chris DeWolfe dan Tom Anderson pada Agustus 2003, myspace telah menjadi wadah untuk komunitas pencinta musik, bahkan U2 dan Madonna pun memiliki account myspace.

Proses pembuatan myspace hanya membutuhkan 10 hari.  Persiapan tersebut mencakup infrastruktur, sumber daya manusia, keahlian teknis, keuangan, bandwidth, dan kapasitas server. Pada awalnya, myspace hanya digunakan oleh karyawan perusahaan itu sendiri.  Selama ini myspace sangat berusaha keras untuk menarik massa, hingga akhirnya sekarang telah tercatat dua puluh juta pengguna myspace.

Mengapa myspace bisa mendapatkan kesuksesan yang demikian?

 

Kuncinya adalah pada bisnis modelnya.  Myspace selama ini mendapatkan keuntungan dari pemasang iklan, iklan tersebut bisa didapat dari info demografis mulai dari hanya alamat e-mail seseorang ke informasi pribadi untuk menargetkan iklan pada mereka.  Social networking online ini berhasil mendapatkan banyak pengguna karena berhasil menarik kesetiaan dari para penggunanya.  Myspace juga dapat melindungi privasi penggunanya dengan baik.  Privasi MySpace kebijakan dan pengajuan perusahaan termasuk daftar informasi semua pengguna ‘, database, teks, file dan dokumen secara eksplisit didokumentasikan sebagai aset dari MySpace. Perjanjian tersebut juga menyatakan MySpace dapat menjual situs dan semua informasi pengguna kepada pihak ketiga yang mungkin tidak selalu mengikuti kebijakan privasi yang sama seperti MySpace.

Sederhananya, MySpace memiliki semua pengguna memberikan mereka.


 

 

Advertisements